Di Singapura, Kamu Bisa Menikmati 7 Tempat Wisata Ini Secara Gratis Lho!

singapore in the night

Yaaaay liburan sudah di depan mata nih, bakal rencana kemana liburan nanti? Yang belum punya rencana kemana-mana padahal punya hari libur, kenapa juga gak weeekend hideaway gitu ke negara tetangga, kalau boleh milih sih saya lebih prefer ke Singapura dari dulu kalau pas ada liburan gitu, langsung berasa soalnya aura liburan dari Jakarta yang padet menuju ke negara yang bersih, rapi, teratur dan disiplin. Tapi ya gitu deh semakin lama Singapura itu lumayan mahal ya biaya hidupnya, ya maklum aja Singapura ada di daftar salah satu negara termahal di dunia sih.

Yang masih maju mundur pengen liburan tapi masih bingung ingin kemana, why dont you check the flight ticket direct to Singapore then, atau kalau udah dapat tiket pesawat yang mahal-mahal, bisa juga lho dari Batam, transit bentaran lalu lanjutin perjalanan ke Singapura dengan feri, pastinya pengalaman yang menarik banget untuk anak-anak yang ingin tahu seperti apa perbatasan dua negara yang dilalui dengan perairan.

Meski merupakan negara mahal, traveling ke Singapore masih bisa ramah kantong kok, di Singapura banyak jenis foodcourt yang menawarkan macam-macam jenis makanan dan sesuai harga yang kamu mau, terus selain itu di Singapura juga banyak tempat wisata yang gratis. Nih saya rangkum di bawah ini tempat wisata di Singapura yang gratis ya :

Marina Barrage

Kalau kamu menginap di hotel di Singapore yang dekat dengan Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay, sempatkan untuk mampir di Marina Barrage. Lokasinya tidak jauh kok dari kedua tempat tersebut. Marina Barrage merupakan sebuah pusat sistem pengairan di Singapura. Di dalamnya terdapat Sustainable Singapore Gallery, tempat pameran di mana kamu bisa melihat bagaimana Singapura menjaga keseimbangan dengan alam. Tidak hanya itu, Marina Barrage ini juga begitu unik karena memiliki Green Roof yang bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk memandangi panorama Singapore Flyer dan Gardens by the Bay.

Henderson Waves

Tempat wisata satu ini merupakan sebuah jembatan. Tapi, berbeda dari jembatan kebanyakan, Henderson Waves memiliki bentuk yang cukup unik karena menyerupai gelombang. Panjangnya mencapai 274 meter dengan ketinggian 36 meter. Di sini, kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati pemandangan sekitar dan mengambil foto tanpa takut tertabrak. Henderson Waves merupakan sebuah jembatan penyeberangan pedestrian yang menghubungkan Mount Faber Park dan Telok Blangah Hill Park. Untuk mencapai tempat ini, kamu bisa naik MRT Harbour Front dan dilanjutkan dengan bus nomor 131 dari bus stop di depan Vivo City.

Henderson Waves
via

East Coast Park

Siapa bilang Singapore tidak punya pantai? Kalau mulai merasa bosan dengan hiruk pikuk kota Singapore, kamu bisa langsung berangkat ke East Coast Park, pantai yang juga menjadi satu dengan taman kota. Garis pantainya mencapai 15 km, jadi cukup luas bagi kamu yang ingin beraktivitas. Kamu bisa jogging, bersepeda, memancing, piknik, atau sekadar duduk-duduk menikmati hembusan angin segar. Kalau mau puas menikmati pemandangan di East Coast Park, kamu bisa kok menginap selama semalam di salah satu hotel murah di Singapore yang berada di kawasan ini. Di sini juga sudah ada cukup banyak kafe dan restoran kekinian yang pasti cocok buat di posting di Instagram mu 🙂

ION Sky

Salah satu daya tarik Singapore terletak pada city view-nya yang menakjubkan, terutama pada malam hari ketika lampu-lampu dinyalakan dan menimbulkan kesan gemerlap. Nah, untuk menyaksikan hal tersebut, kamu bisa melakukannya secara gratis dengan mendatangi ION Sky yang terletak di lantai 56 ION Orchard. Setiap harinya, ION Sky buka sejak pukul 10.00 hingga 20.00. Untuk bisa menuju ION Sky kamu harus terlebih dulu naik ke galeri seni yang ada di lantai empat ION Orchard. Di situ ada sebuah lift khusus yang akan membawa kamu ke ION Sky. Siapkan kamera terbaikmu untuk mengabadikan salah satu pemandangan terbaik di Singapore ini.

Raffles’ Landing Site

Dibandingkan tempat wisata gratis lainnya, Raffles’ Landing Site mungkin tidak begitu populer. Padahal, tidak hanya menarik, tempat wisata ini juga memiliki nilai historis tersendiri. Raffles’ Landing Site merupakan titik di mana Sir Stamford Raffles pertama kalinya mendarat di Singapore. Lokasinya tidak susah ditemukan, yakni di dekat Singapore River yang ada di kawasan Boat Quay. Selain patung dari Sir Stamford Raffles, ada pula banyak patung tembaga lain di area tepi sungai yang menceritakan perjalanan sejarah Singapore. Jadi, kalau kamu menginap di hotel murah di Singapore yang dekat dengan kawasan Boat Quay, jangan lupa mampir ke Raffles’ Landing Site.

Raffles_ Landing Site
via

MovieMob

Oke, tempat wisata satu ini bisa dikatakan sebagai layar tancap, tapi dengan versi yang lebih fancy. Layar proyektornya jauh lebih besar dari layar tancap biasa, tentunya dilengkapi dengan perlengkapan sound system yang memadai. Biasanya, orang-orang memilih untuk menonton dari dalam mobil mereka. Uniknya, lokasi nonton gratis bersama MovieMob ini selalu berpindah-pindah tempat di penjuru Singapore. Jadi, kalau memang ingin merasakan pengalaman menonton film ramai-ramai di area outdoor bersama MovieMob, kamu bisa mengikuti akun Facebook mereka karena MovieMob selalu menginfokannya di sana.

Clarke Quay

Nah, kalau kamu mengunjungi Raffles’ Landing Site, yang terletak di kawasan Boat Quay, jangan lupa untuk mampir ke Clarke Quay. Jaraknya hanya sekitar 1 km, kok. Di sinilah para warga lokal dan wisatawan suka nongkrong. Di Clarke Quay, kamu akan menemukan banyak bangunan unik bernuansa Tiongkok dengan cahaya warna-warni. Tak ketinggalan kafe, restoran, dan bar yang turut memeriahkan suasana sekitar. Kalau memang mau hemat budget atau tak berniat beli makanan dari kafe atau restoran, bawa saja bekal sendiri dan duduk di salah satu bangku yang disediakan di Clarke Quay. Kamu bisa sekaligus menikmati pemandangan Singapore River yang selalu terlihat gemerlap saat malam hari.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan Singapore. Tapi kalau mau liburan ala backpacker dan menginap di hotel murah di Singapore, kamu bisa menekan budget dengan mendatangi tempat-tempat wisata gratis di atas. Meski gratis, tempat-tempat tersebut juga tak kalah keren kok. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan budget kamu untuk hal lain yang menurutmu lebih penting. Beli oleh-oleh untuk orang rumah, misalnya.

Gimana nih, ada yang mau nambahin lokasi di Singapura lainnya yang seru buat didatengin tapi gratis gak? Tulis di kolom komen ya 🙂

4 thoughts on “Di Singapura, Kamu Bisa Menikmati 7 Tempat Wisata Ini Secara Gratis Lho!

  1. Luat biasa mbaa.. aku aja yg tinggal lama di sg, ga pernh kepikiran nge blog ini.. ahhaha.. ke bbrp museum juga gratisss kokk.. kayak national museum di raffles skrng.. tapi cuman bs masuk bbrp tempat aja.. ke gallery yg lain harus bayar.. hehe.. bisa ke east coast jugaa, jalan di tepi pantaii sambil bawa sepeda sendirii.. hehehe..

Leave a comment